Cara Mengobati Penyakit Liver Pada Pria 30 Tahun Keatas

Cara mengobati penyakit liver atau organ hati tergantung pada tingkat keparahan dan jenis penyakitnya. Penyakit liver yang tergolong ringan umumnya dapat diatasi dengan menjalani pola hidup sehat. Namun, untuk kasus yang berat, perlu ditangani dengan obat-obatan dan tindakan medis tertentu.

Penyakit liver bisa berlangsung dalam waktu singkat (akut) atau menetap hingga bertahun-tahun (kronis). Penyakit ini umumnya terdiri dari beberapa jenis, di antaranya hepatitis, perlemakan hati, kolestasis, sirosis, dan kanker hati.

Penyakit liver bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya infeksi virus seperti pada hepatitis B, keracunan, efek samping obat-obatan dan konsumsi alkohol, hingga gangguan autoimun.

Sebagian penderita penyakit liver tidak mengalami gejala apa pun. Namun, sebagian lainnya dapat merasakan gejala berupa kulit dan mata menjadi kuning, mual dan muntah, perut nyeri dan bengkak, kotoran berwarna keputihan, serta warna urine gelap.

Penyakit liver, baik yang bersifat akut maupun kronis, penting untuk dideteksi sejak dini agar tidak menimbulkan gangguan berat pada fungsi hati (gagal hati). Dengan mengenal gejalanya, pemeriksaan dan penanganan dapat segera dilakukan dan Anda akan terhindar dari komplikasi yang berbahaya.


Cara Mengobati Penyakit Liver secara Alami

Kerusakan organ hati akibat penyakit liver yang bersifat ringan dapat diperbaiki tanpa penanganan secara medis, yaitu dengan merubah pola hidup. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dijalani penderita penyakit liver:


1. Berhenti mengonsumsi minuman beralkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu penyebab utama pembengkakan, peradangan, dan kerusakan permanen pada hati. Oleh karena itu, penderita penyakit hati terkait alkohol sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Jika merasa sulit menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, penderita bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menjalani program rehabilitasi terhadap kecanduan alkohol.

2. Menjalani diet khusus

Penderita penyakit liver, misalnya karena hepatitis, perlemakan hati, konsumsi alkohol, dan sirosis, umumnya juga akan disarankan untuk menjalani diet khusus yang disebut diet hati.

Diet ini berperan dalam memenuhi kebutuhan gizi penderita penyakit liver serta meringankan kerja fungsi hati. Dengan demikian, seiring waktu organ hati diharapkan dapat pulih.

Toko Navila

Komentar